Psikologi Pendidikan Agama Kristen

1.      5 Pengertian pendidikan menurut Para Ahli

 

·         Pengertian pendidikan menurut Aristoteles

Pendidikan adalah salah satu fungsi dari suatu negara, dan dilakukan, terutama setidaknya, untuk tujuan Negara itu sendiri. Negara adalah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia. Pendidikan adalah persiapan/bekal untuk beberapa aktivitas/pekerjaan yang layak. Pendidikan semestinya dipandu oleh undang-undang untuk membuatnya sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis, dan mengikuti perkembangan secara bertahap, baik secara fisik (lahiriah) maupun mental (batiniah/jiwa).

·         Pengertian pendidikan menurut Aristoteles

 

Pendidikan adalah salah satu fungsi dari suatu negara, dan dilakukan, terutama setidaknya, untuk tujuan Negara itu sendiri. Negara adalah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia. Pendidikan adalah persiapan/bekal untuk beberapa aktivitas/pekerjaan yang layak. Pendidikan semestinya dipandu oleh undang-undang untuk membuatnya sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis, dan mengikuti perkembangan secara bertahap, baik secara fisik (lahiriah) maupun mental (batiniah/jiwa).

 

  • Menurut H. Horne

adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

·         Menurut John Dewey

mengemukakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

·         Menurut Edgar Dalle

bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

·         Menurut Edgar Dalle

bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

   5 Pengertian psikologi pendidikan agama kristen menurut para ahli

·         E.G. Homrighausen dan I.H. Enklar tentang pendidikan Kristen atau Pendidikan Agama Kristen tersebut cenderung melihat pada sisi kejelasan dan ketegasan nilai pendidikan agama yang dibangun, yaitu Pendidikan Agama Kristen, bukan agama yang lain.

·         B.S Sidjabat menanggapi arah pendidikan Kristen, mengatakan bahwa "Pendidikan Kristen merupakan upaya ilahi dan manusiawi dilakukan secara bersahaja dan berkesinambungan untuk memberikan pengetahuan, nilai-nilai, sikap-sikap, keterampilan, sensitivitas, tingkah laku yang konsisten dengan iman Kristen.

·         Iris V. Cully menambahkan bahwa, "hasil-hasil penelitian psikologis yang baru, menyarankan kemungkinan adanya dorongan-dorongan batin bagi pelaku moral.74 Melihat pada pentingnya psikologi perkembangan, maka hal yang mendasar yang terjadi dalam PAK sehubungan dengan tidak dapat dipisahkannya nilai-nilai edukasi dan nilai-nilai sosialisasi dalam PAK menempatkan psikologiperkembangan dibutuhkan dalam membangun pendekatan-pendekatan pengajaran dan pembelajaran.

·         Groome melihat bahwa apa yang baru dalam masa kita sekarang ini adalah jumlah penelitian yang meningkat yang dilakukan atas pelbagai aspek perkembangan manusia. Di antara para ahii psikologi perkembangan yang terkenal, mereka yang memiliki daya tarik khusus bagi para pendidik adalah Piaget (perkembangan kognitif), Kohlberg (perkembangan moral), Fowler (perkembangan iman),Loevinger (perkembangan ego), dan Selman (perkembangan empati). Penelitian mereka bersifat terus menerus dabn penemuan-penemuan mereka harus dilihat sebagai indikator-indikator yang membantu bukan sebagai deskripsi-deskripsi yang lengkap dan final. Groome merancang beberapa permasalahan dalam pendidikan yang sarat dengan upaya melibatkan pendekatan psikologis

·         Menurut Freud kepribadian itu terdiri atas tiga sistem atau aspek, yaitu Das Es yaitu aspek biologis {the id), Das Ich yaitu aspek Psikologis {the ego) dan Ueber Ich yaitu aspek sosiologis {the superego). Ditegaskan bahwa, kendatipun ketiga aspek tersebut, masing-masing memiliki fungsi, prinsip kerja, sifat dan dinamika sendiri-sendiri, namun ketiganya berhubungan sangat rapat, sehingga tidak mungkin memisah-misahkan pengaruhnya terhadap pembentukan tingkahlaku manusia.

·         Das Es atau aspek bilogis ini adalah aspek yang orisinil. ari aspek inilah kedua aspek lainnya bermula. Das es berfungsi dengan berpegang pada prisip kenikmatan, yaitu mencari keenakan dan menghindarkan diri dari ketidakenakan. Das Ich atau aspek psikologis dari kepribadian ini timbul dari kebutuhan organism untuk dapat berhubungan dengan dunia luar secara realisitis. Berfungsinya Das Ich berpegang pada prinsip "realitas". Tujuannya masih dalam garis kepentingan organism, yaitu mendapatkan keenakan dan menghidari ketidakenakan, tetapi dalam berttuk dan cara yang sesuai dengan kondisi-kondisi dunia nil, sesuai dengan kenyataan. Das Ueber Ich, aspek sosiologis dari kepribadian. Das Ueber Ich lebih merupakan hal yang ideal daripada hal yang riil, lebih merupakan kesempurnaan daripada kesenangan. Fungsinya yang terutama ialah menentukan apakah sesuatu susila atau tidak susila, pantas atau tidak pantas, benar atau salah, dengan cara ini, manusia bertindak dalam cara yang sesuai dengan moral masyarakat.

3.     Menurut pendapat saya tentang psikologi Pendidikan agama kristen

 

Psikologi sangat penting didalam pendidikan agama kristen karena dalam melaksankan pendidikan diperlukan dorongan-dorongan batin bagi pelaku moral. PAK menempatkan psikologi perkembangan dibutuhkan dalam membangun pendekatan-pendekatan pengajaran dan pembelajaran.

 

Posting Komentar

0 Komentar